Wulandari, Lutfi (2023) تطبيق مدخل التواصل التفاعلي في تعليم مهارة الكلام في مدرسة الثانوية السلام قدس العام الدراسي 2021|2022م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (667kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (304kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (311kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (449kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (532kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (430kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (798kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (260kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) |
Abstract
Dalam pendidikan, bahasa Arab merupakan bahasa Asing, sehingga siswa kesulitan dalam mempelajarinya, maka dari itu guru dan siswa butuh pendekatan yang khusus, diantaranya adalah pendekatan Komunikatif-Interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penerapan pendekatan Komunikatif-Interaktif dalam pembelajaran ketrampilan berbicara di MTs Assalam Jati Kudus, baik dilihat dari pelaksanakan komunikasi interaktif, hambatan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan komunikasi interaktif. Sehingga siswa dapat mengungkapkan pemikirannya melalui berbicara bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, informan kunci adalah guru bahasa Arab, Kepala Sekolah, wakil kurikulum dan siswa kelas tujuh C MTs Assalam Kudus. Data dikumpulkan melalui observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa unsur-unsur atau komponen pelaksanakan komunikasi interaktif mencakup : guru sebagai komunikator, materi pelajaran sebagai pesan atau informasi, siswa sebagai komunikan, media/alat pembelajaran, respon atau umpan balik (feedback). Pelaksanaan komunikasi interaktif yang dilakukan dapat dilihat dari bentuk dan pola komunikasi yang dijalankan. Beberapa hambatannya yakni : (1) Hambatan dari guru : penyampaian Informasi dari guru masih kurang bervariasi, kurangnya interaksi yang dilakukan guru dengan siswa. (2) Hambatan dari siswa : siswa kurang merespon informasi dari guru dengan baik, daya tangkap siswa kurang maksimal. (3) Hambatan dari media : keterbatasan media LCD dan penggunaan media belum optimal. Upaya untuk mengatasinya : (1) Usaha dari guru : menggunakan bahasa yang sederhana, memberikan motivasi, pengulangan, dan memahami karakteristik siswa. (2) Usaha dari siswa : memperhatikan saat guru menyampaikan informasi atau materi pembelajaran, lebih sering berkomunikasi dengan guru, mendengarkan secara efektif, meningkatkan respon atau umpan balik, percaya diri dan tidak malu bertanya, menjaga ketenangan kelas, diskusi dengan teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interaktif, ketrampilan berbicara, pembelajaran bahasa Arab | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2024 07:32 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12430 |
Actions (login required)
View Item |