Hidayah, Ihda Faizatul (2023) Implementasi Evaluasi Diagnostik sebagai Strategi Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Walisongo Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (757kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (784kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
Abstract
Penilaian hal terpenting dalam proses pembelajaran, salah satu penilaian yang dapat diterapkan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik adalah evaluasi diagnostik. Dengan hal itu maka tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Bagaimana Evaluasi Diagnostik dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SMK Walisongo Rembang, 2. Hambatan dan Solusi dalam Pembelajaran PAI di SMK Walisongo Rembang, 3. Implementasi Evaluasi Diagnostik Sebagai Strategi Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Walisongo Remnbang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan ( field research), Subjek dalam Penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Waka Kurikulum, Guru BK, dan Sebagaian Peserta Didik dari Kelas X di SMK Walisongo Rembang, Sumber data penelitian diperoleh dengan tehnik wawancara, obvsevasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, tehnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun Hasil Penelitian ini diantaranya: Penerapan evaluasi diagnostik dilakukan dengan melalui proses pertama melaksankan pengidentifikasian kepada peserta didik terhadap kesulitan belajranya, kedua melokalisasikan kesulitan belajarnya, ketiga menentukan faktor penyebab kesulitan belajarnya, ke empat memperkirakan alternatif bantuan, kelima menetapkan kemungkinan cara mengatasinya, dan keenam melakukan tindak lanjut. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dilihat dari nilai harian, penilaian tengah semester, dan ujian akhir semester. Beberapa kenadala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI dengan penerapan evaluasi daignostik diantaranya: sarana dan prasarana yang masih belum memadai secara maksimal, mainimnya minat, motivasi, dan kesiapan belajar peserta didik, kesadaran dan perhatian orang tua dalam mengawasi belajar, inovatif pendidik dalam menyampaikan pelajaran dan masih minim interaktif. Solusi yang dilakukan adalah melengkapi sarana dan prasarana,memberikan pelatihan kepada pendidik, melengkapi fasilitas literasi, pengelolaan kegiatan dan waktu, serta melaksanakan manajemen pembelajaran. Implementasi evaluasi diagnostik dapat memberikan perubahan terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Evaluasi Diagnostik, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:30 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:30 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12514 |
Actions (login required)
View Item |