Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati

Ainun, Ayu (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (355kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (683kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja pada pelajaran matematika siswa kelas V MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus. (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digukan adalah penelitian eksperimen atau Pre Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel yaitu 21 responden seluruh siswa kelas V MI Miftahul Huda Gabus Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja pada pelajaran matematika siswa kelas V MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati yaitu 1) model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja memudahkan siswa untuk memahami pelajaran dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata dan mampu menjadikan siswa berpikir secara mandiri, 2) peningkatan hasil belajar ditunjukan pada hasil pretest sebesar 59 % dan posttest sebesar 74,23%, terdapat pengaruh antara model pembelajaran terhadap hasil nilai pretest dan posttest ditunjukan pada analisis uji hipotesis pada uji wilcoxon diketahui Asymp. Sig (2-tailed) diperoleh 0,001 kurang dari taraf signifikan (a) = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pretest dan posttest yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontestual berbasis asesmen kinerja untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V MI Miftahul Huda Sambirejo Gabus Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufikin, TaufikinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Asesmen Kinerja, Hasil Belajar Matematika kelas v
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:23
Last Modified: 12 Nov 2024 04:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item