Kurniawati, Elviya (2024) تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام الكتاب الصادر عن مجلس التعليم الإبتدائي والثانوي المحمدية لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الفصل الحادى عشر في المدرسة الثانوية المهنية فونترين دار السلام ديماك للسنة الدراسية 2022/ 2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (945kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (583kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (460kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (731kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (938kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (694kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (780kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (517kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (564kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penenelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun proses analisis datanya peneliti menggunakan Analisis kualitatif dengan metode Diskriptif. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan dengan menerapkan metode al-mubasyaroh (langsung) dan al-muhadatsah al-muwajjahah (percakapan yang dipandu) serta strategi al-ta’allum bil iktisyaf (discovery learning) (2) factor pendukung dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023 yaitu: fasilitas sekolah yang memadai, adanya buku pegangan utama dan modul ringkasan, serta pendidik yang kompeten. Sedangkan factor penghambatnya ialah: alokasi waktu pembelajaran yang kurang, kemampuan siswa yang bereda-beda, serta keberanian siswa dalam berbicara bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah Kalam | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:03 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12586 |
Actions (login required)
View Item |