تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام الكتاب الصادر عن مجلس التعليم الإبتدائي والثانوي المحمدية لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الفصل الحادى عشر في المدرسة الثانوية المهنية فونترين دار السلام ديماك للسنة الدراسية 2022/ 2023

Kurniawati, Elviya (2024) تطبيق تعليم اللغة العربية باستخدام الكتاب الصادر عن مجلس التعليم الإبتدائي والثانوي المحمدية لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الفصل الحادى عشر في المدرسة الثانوية المهنية فونترين دار السلام ديماك للسنة الدراسية 2022/ 2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (945kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (731kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (938kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (694kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (517kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penenelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun proses analisis datanya peneliti menggunakan Analisis kualitatif dengan metode Diskriptif. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan dengan menerapkan metode al-mubasyaroh (langsung) dan al-muhadatsah al-muwajjahah (percakapan yang dipandu) serta strategi al-ta’allum bil iktisyaf (discovery learning) (2) factor pendukung dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Ta’lim al-Lughoh al-Arobiyyah (Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyyah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Demak tahun ajaran 2022/2023 yaitu: fasilitas sekolah yang memadai, adanya buku pegangan utama dan modul ringkasan, serta pendidik yang kompeten. Sedangkan factor penghambatnya ialah: alokasi waktu pembelajaran yang kurang, kemampuan siswa yang bereda-beda, serta keberanian siswa dalam berbicara bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah Kalam
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:03
Last Modified: 18 Nov 2024 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item