Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ktitis Peserta Didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus

Fitriyah, Mamluatul (2023) Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ktitis Peserta Didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (677kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (799kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1.) Untuk mendiskripsikan kondisi kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, 2.) Untuk mendiskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, 3.) Untuk mendiskripsikan dampak srategi guru dalam meningkatkan kemapuan berpikir kritis peserta didik di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas II A, wali kelas IV, wali kelas V MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama tetapi dengan tehnik yang berbeda. Data yang diperoleh kemudian direduksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas analisis data yang terdiri dari: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir ktitis peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus yaitu: 1.) Kondisi kemampuan berpikir kritis peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus terjadi dinamisasi kondisi, awal mula kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah dilihat dari indikator kemampuan berpikir kritis hanya bisa membaca atau menulis tapi tidak paham apa yang ditulis, setelah menerapkan beberapa strategi dalam pembelajaran bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik baik dan tinggi karena mampu memenuhi semua indikator dalam berpikir kritis. 2.) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngemblarejo Bae Kudus menggunakan strategi inquiry dan strategi cooperatif learning.3.) Dampak strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus terjadi gejala positif yaitu: (a) peserta didik berani menyampaikan pendapat, (b) kemampuan peserta didik menilai informasi yang relevan, (c) memiliki kemampua untuk mengidentifikasi masalah, (d) mampu menyimpulkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kemampuan Berpikir Kritis, Peserta Didik
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:27
Last Modified: 19 Nov 2024 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item