Ulaa, Hamidatul (2023) Pengaruh Model Pembekajaran Sains Teknologi Masyarakat Dan Lingkungan (STML) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Plantae Kelas X MA Darul Ulum Purwogondo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (783kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (314kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (404kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (498kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (511kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MA Darul Ulum Purwogondo pada materi plantae. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes dan lembar observasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) terlaksana dan berjalan dengan lancar sesuai sintaks model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) dengan perolehan presentase 90% yang berada pada kategori sangat baik. (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) pada materi plantae yaitu sebesar 57,66. Dan setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan menjadi 81,83. (3) model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi plantae. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) pada penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Darul Ulum Purwogondo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML), Berpikir Kritis, Plantae | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2025 06:46 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2025 06:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13105 |
Actions (login required)
View Item |