Pengaruh Model Pembekajaran Sains Teknologi Masyarakat Dan Lingkungan (STML) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Plantae Kelas X MA Darul Ulum Purwogondo

Ulaa, Hamidatul (2023) Pengaruh Model Pembekajaran Sains Teknologi Masyarakat Dan Lingkungan (STML) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Plantae Kelas X MA Darul Ulum Purwogondo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MA Darul Ulum Purwogondo pada materi plantae. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes dan lembar observasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) terlaksana dan berjalan dengan lancar sesuai sintaks model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) dengan perolehan presentase 90% yang berada pada kategori sangat baik. (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) pada materi plantae yaitu sebesar 57,66. Dan setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan menjadi 81,83. (3) model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi plantae. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan lingkungan (STML) pada penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Darul Ulum Purwogondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML), Berpikir Kritis, Plantae
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jan 2025 06:46
Last Modified: 03 Jan 2025 06:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13105

Actions (login required)

View Item View Item