Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mayong

Khasanah, Uswatun (2024) Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mayong. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (275kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode penelitian non eskperimental yaitu korelasi kausal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purpose sampling dengan subjek penelitian kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 22 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mayong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) memiliki hubungan yang positif terhadap keterampilan berfikir kritis dan kreatif siswa. Hal ini didapatkan berdasarkan uji korelasi Pearson variabel yang menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,541 > 0,329 serta nilai R Square 64,3% untuk hubungan TAI terhadap keterampilan berpikir kritis dan r hitung > r tabel yaitu 0,430 > 0,329 dan nilai R Square sebesar 63,8% untuk hubungan TAI terhadap keterampilan berpikir kreatif. Terpenuhinya indikator-indikator keterampilan berpikir kritis dan kreatif didukung perolehan hasil uji menggunakan SPSS dengan hasil r hitung > r tabel yaitu 0,430 > 0,329 dan sign < 0,05 nilai R square 61,8 % serta nilai R sebesar 0,7333. Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsyhari, AndiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif TAI, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jan 2025 08:23
Last Modified: 03 Jan 2025 08:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item