Khasanah, Uswatun (2024) Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mayong. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (437kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (308kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (275kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode penelitian non eskperimental yaitu korelasi kausal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purpose sampling dengan subjek penelitian kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 22 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mayong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) memiliki hubungan yang positif terhadap keterampilan berfikir kritis dan kreatif siswa. Hal ini didapatkan berdasarkan uji korelasi Pearson variabel yang menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,541 > 0,329 serta nilai R Square 64,3% untuk hubungan TAI terhadap keterampilan berpikir kritis dan r hitung > r tabel yaitu 0,430 > 0,329 dan nilai R Square sebesar 63,8% untuk hubungan TAI terhadap keterampilan berpikir kreatif. Terpenuhinya indikator-indikator keterampilan berpikir kritis dan kreatif didukung perolehan hasil uji menggunakan SPSS dengan hasil r hitung > r tabel yaitu 0,430 > 0,329 dan sign < 0,05 nilai R square 61,8 % serta nilai R sebesar 0,7333. Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization (TAI) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif TAI, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2025 08:23 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2025 08:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13111 |
Actions (login required)
View Item |