Eksperimentasi Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan Question Card untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa KelasVIII MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus

Rohmah, Saidatur (2024) Eksperimentasi Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan Question Card untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa KelasVIII MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (552kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (653kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif ini dilaksanakan di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus dengan populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII sebanyak 56 orang. Sampling jenuh dipilih sebagi teknik pengambilan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel yaitu kelas VIII A dan VIII B. Data diperoleh dari hasil tes, observasi, dan dokumetasi. Data dianalisis menggunakan uji independen sample t-test, uji dependen sample t-test dan uji N-Gain didapatkan hasil bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran TAPPS berbantuan question card lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai t_hitung=5,977>t_tabel=1,67 dan nilai Sig.(2-tailed)=0,000 < 0,05. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran TAPPS berbantuan question card lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan nilai t_hitung=6,241>t_tabel=1,673 dan .(2-tailed) = 0,000 < 0,05 . 3) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan question card. Didapatkan nilai t_hitung=32,308>t_tabel=1,703, Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dan nilai N-Gain Score sebesar 0,6896 dengan tingkat N-Gain sedang. 4) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan question card. Hasil perhitungan diperoleh nilai t_hitung=19,889>t_tabel=1,703, nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan nilai N-Gain Score sebesar 0,6175 dengan tingkat N-Gain sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Question Card, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:51
Last Modified: 06 Jan 2025 04:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13113

Actions (login required)

View Item View Item