Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Mathematics Anxiety Siswa SMP

Pramesti, Ervita Dian (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Mathematics Anxiety Siswa SMP. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (659kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi siswa harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang berkembang pesat. Salah satu kemampuan adaptif yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Namun, pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dari siswa yang masih bergantung pada rumus dalam menyelesaikan masalah matematika yang disebabkan karena siswa merasa takut jika tidak mengunakan rumus matematika akan kesulitan sehingga salah dalam menjawab soal. Ketakukan yang dirasakan oleh siswa ini dikenal dengan kecemasan matematika (mathematics anxiety). Terkait dengan permasalahan tersebut peneliti akan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari kecemasan matematika (mathematics anxiety) siswa dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari Mathematics Anxiety siswa SMP, (2) Untuk mengetahui kesalahan siswa Ketika menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini diambil melalui metode purposive sampling. Subjek dalam penenlitian ini yakni 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa dengan kecemasan matematika tinggi, 1 siswa dengan kecemasan sedang, dan 1 siswa dengan kecemasan rendah. Pengelompokan berdasarkan hasil dari pengisian angket. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu observasi, angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kecemasan matematika tinggi termasuk dalam kategori siswa yang cukup kreatif, kemampuan siswa dengan kecemasan sedang termasuk dalam kategori siswa yang kreatif, dan kemampuan siswa dengan kecemasan rendah termasuk dalam kategori siswa yang sangat kreatif. Dengan adanya penelitian ini dapat memberikan tambahan infromasi bagi pendidik untuk lebih memperhatikan kondisi psikis siswa terutama kecemasan matematika yang dialami saat pembelajaran matematika di kelas serta dapat mengantisispasi kesalahan-kesalahan yang siswa dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecemasan Matematika, SPLDV
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:21
Last Modified: 08 Jan 2025 03:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item