فعالية تطبيق البيئة اللغوية لترقية مهارة الكلام لدى الطالبات بمعهد تحفيظ نور القرأن قدس السنة الدراسية ٢٠٢١/٢٠٢٢

Muthoharoh, Intania (2023) فعالية تطبيق البيئة اللغوية لترقية مهارة الكلام لدى الطالبات بمعهد تحفيظ نور القرأن قدس السنة الدراسية ٢٠٢١/٢٠٢٢. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas penerapan bi’ah lughawiyyah dan sejauh mana efektivitas penerapan bi’ah lughawiyyah terhadap kemampuan berbicara serta menambah khasanah ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan terciptanya bi’ah lughawiyyah dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berdasarkan angka dan analisis dari statistik dengan jenis penelitian Uji T. Adapun populasi penelitian adalah siswa di pondok tahfid nurul qur’an kudus. Sedangkan instrumen pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, angket, dan soal. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mempelajari dan meneliti sejauh mana efektivitas bi’ah lughawiyah terhadap kemampuan berbicara di pondok pesantren nurul qur’an. Dimana santri diprogramkan untuk berinteraksi dengan lingkungan, sehinga terjadi dan tercipta “Bi’ah Lughawiyah” atau lingkungan kebahasaan yang rapi, bagus, terorganisasi kondusif dan efektif. Karena dalam interaksi sosial tersebut selalu terjadi saling pengaruh-mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Penerapan lingkungan bahasa dilakukan dengan dua tahap yaitu pemberian kosa kata setiap hari selasa, rabu dan sabtu serta pembiasaan berbicara bahasa arab setiap hari kamis, jum'at dan sabtu. 2). Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil t hitung (99,269) lebih besar dari t tabel (1,67) dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian makan Ha (hipotesis peneliti) diterima dan Ho (hipotesis 0) ditolak. Jadi penerapan biah lughowiyah di Ma’had nurul qur’an efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bi’ah lughowiyah, ketrampilan berbicara
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:50
Last Modified: 17 Jan 2025 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13261

Actions (login required)

View Item View Item