Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Setyaningsih, Aris (2024) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (748kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (921kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (448kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X pada salah satu SMA di Kudus menjadikan fondasi pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini yakni untuk membandingkan kemampuan akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL berbantuan soal HOTS dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan pre-test post-test control group design. Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel penelitian ini. Sampel yang terpilih yakni siswa SMAN 1 Jekulo kelas X-E02 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran PBL dan kelas X-E03 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan soal HOTS. Siswa melakukan pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan liner tiga variabel (SPLTV). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji Mann-Whitney terhadap nilai posttest didapatkan 0.000 < 0.05, maka menolak H0. Ini artinya kemampuan akhir pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL berbantuan soal HOTS lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL; 2) hasil uji Mann-Whitney terhadap nilai N-Gain didapatkan 0.000 < 0.05, maka menolak H0. Ini artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL berbantuan soal HOTS lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan soal HOTS dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL, HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, SPLTV
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:25
Last Modified: 21 Jan 2025 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item