Pratiwi, Lucyana (2024) Strategi Komunikasi Dakwah pada Akun Instagram Santri Gayeng. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (943kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah pada akun Instagram santri gayeng. 2) untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada akun Instagram santri gayeng. Jenis penelitian ini menggunakan lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bersumber dari data primer, yaitu strategi komunikasi dakwah yang ada pada akun Instagram snatri gayeng. Data sekunder, data pendukung yang diperoleh dari buku yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Teknik pengumpulan data yanhg dilakukan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung ke lokasi. Kemudian dalam Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara berulang-ulang smapai tuntas dan data dianggap kredibel dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah 1) strategi komunikasi dakwah pada akun Instagram santri gayeng. Dalam berdakwah pada akun santri gayeng menggunakan strategi komunikasi untuk mengenal khalayak, menentukan pesan dakwah, yang dibagi menjadi sumber dan jenis pesan, menetapkan metode, dan menganalisis media Instagram beserta keunggulan dan kelemahannya sebagai sarana untuk menyebarkan dakwah. Menurut pesan dakwahnya, akun tersebut menerapkan gaya dakwah maiudzah hasanah. Selanjutnya, perhatikan respons pengikut. 2) kekurangan dan kelebihan akun Instagram santri gayeng, pada akun Instagram sanri gayeng, timnya mengalami kesulitan menjalankan operasi pada akun Instagram santri gayeng. Hal ini sering terjadi karena timnya tidak dapat menebak bagaimana algoritma media sosial bekerja. Terkadang, mereka hanya dapat mengejar operasi melalui konten yang lebih baik. Untuk kelebihan akun Instagram santri gayeng ada 3, yang pertama akun Instagram santri gayeng dapat mempekerjakan orang untuk pekerjaan yang sesuai, seperti desainer untuk ilustrasi visual, editor, untuk video editing, dan sebagainya. Yang kedua pesan dakwah di sampaikan melalui konten media sosial akun santri gayeng menggunakan visualisasi yang baik dan selalu memberikan inovasi dalam desain komunikasi visual serta menjadi media dakwah yang efektif untuk menyebarkan informasi keagamaan kepada Masyarakat. Yang ketiga akun Instagram snatri gayeng memposting konten di media sosial santri gayeng memiliki nilai karena akun tersebut memiliki masyaikh atau kyai-kyai yang kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah, Instagram, Santri Gayeng | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 04:08 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 04:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |