Amalia, Rizqi Alfi (2024) Analisis Kompetensi Sumber Daya Insani (SDI) Pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Pati Terhadap Pemahaman Produk Akad Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (938kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui kondisi sumber daya manusia pada Bank Muamalat KCP Pati, untuk mengtahui sejauhmana pegawai BMI KCP Pati terhadap produk akad Bank Syariah, untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia di Bank Muamalat KCP Pati. Penelitain ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) pendewkatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari wawancara dan data sekunder berasal dari buku, jurnal dan bahasan lain yang berkaitan. penelitian ini menggunkan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi di Bank Muamalat KCP Pati. Hasil penelitian ini, Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia di Bank Muamalat Indonesia KCP Pati sebagai upaya untuk memperkuat posisi bank sebagai lembaga keuangan syariah yang terpercaya. melalui pelatihan, pengembangan, dan rekrutmen yang tepat, bank bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akad syariah, perencanaan tenaga kerja yang efektif, pengorganisasian yang baik, pengarahan yang inspiratif, dan pengendalian yang ketat. hal ini diharapkan akan menghasilkan operasional bank yang mandiri dan efisien, serta memungkinkan bank untuk mencapai kinerja optimal dan memenuhi kebutuhan nasabah dengan lebih baik. Kedua, pemahaman karyawan di Bank Muamalat KCP Pati terhadap produk dan akad-akad Syariah menunjukkan variasi signifikan dalam tingkat pemahaman, dengan beberapa karyawan menunjukkan pemahaman yang mendalam, sementara yang lain memerlukan referensi tambahan. oleh karena itu, disarankan agar Bank Muamalat meningkatkan konsistensi pemahaman karyawan melalui pembaruan pengetahuan berkelanjutan, pelatihan berkala, dan penyediaan sumber daya tambahan untuk memastikan kualitas layanan yang tinggi dan kepercayaan nasabah terhadap produk syariah yang ditawarkan. Ketiga, komitmen Bank Muamalat KCP Pati dalam meningkatkan kompetensi SDM melalui pendekatan terstruktur dan komprehensif. dengan fokus pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja, bank mengimplementasikan pelatihan berkala, struktur organisasi yang mendukung, dan pemahaman syariah yang kuat. hasilnya menunjukkan peningkatan kualitas layanan, kepuasan nasabah, dan posisi kompetitif bank di pasar perbankan yang kompetitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sumber Daya Insani, Kompetensi, Perbankan Syariah di Indonesia | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Muamalat, Muamalah > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:53 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |