Musthofiyah, Ainy (2024) Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan Akidah Akhlak pada Siswa MTs N Blora. Masters thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran discovery learning berbasis kecerdasan emosional dalam pendidikan akidah akhlak pada siswa MTs N Blora. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan model pembelajaran discovery learning berbasis kecerdasan emosional dalam pendidikan akidah akhlak pada siswa MTs N Blora. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti melakukan pengumpulan dokumen dan wawancara mendalam kepada Kepala Madrasah, Wakil Kepala, Guru Pendidikan Akidah Akhlak, Guru Kelas dan Siswa MTs N Blora. Teknik analisis yang digunakan dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik pengembangan yaitu uji kredibilitas dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) implementasi model pembelajaran discovery learning berbasis kecerdasan emosional dalam pendidikan akidah akhlak pada siswa MTs N Blora dilakukan dengan langkah-langkah dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan dilakukan dengan mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kurikulum, model pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan tujuan untuk mengintegrasikan antara pengetahuan teori dan praktik. Dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberikan tugas oservasi, diskusi, presentasi, dan praktik. 2) faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran discovery learning berbasis kecerdasan emosional dalam pendidikan akidah akhlak pada siswa MTs N Blora. Faktor pendukungnya yaitu keselarasan kurikulum dan model pembelajaran yang digunakan, fasilitas pembelajaran yang memadai, diampu oleh guru profesional, dan manajemen kelas. Di sisi banyaknya faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat yang dialami, yaitu ketidak siapan siswa dalam belajar, ketidak tepatan manajemen kelas, kurang mendapat perhatian dari orang tua dan resistensi terhadap model pembelajaran. Melalui permasalahan tersebut, diperlukan arahan lebih lanjut untuk meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar siswa MTs N Blora karena pendidikan bukan hanya terbatas dalam teori tapi dapat meluas dalam praktik. Sehingga berdasarkan implikasi ini, diarahkan untuk mendukung menumbuhkan kecerdasan emosional siswa pada pembentukan karakter akhlakul karimah.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kecerdasan Emosional, Pendidikan Akidah Akhlak | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:24 | |||||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:24 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |