Aminah, Siti Nur (2024) Pengaruh Model Diskursus Multi Representacy (DMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (939kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang mencoba untuk mengetahui pengaruh model Diskursus Multi Representacy (DMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk One-Group Pre-test-Post-test. Hal ini karena pembelajaran di sekolah masih berfokus pada penerimaan pengetahuan, ingatan dan penalaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan hasil belajar adalah dengan model Diskursus Multi Representacy (DMR). Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VI di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo yang berjumlah 26 peserta didik. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan sudah diuji cobakan kepada 20 anak nonrespondent dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas rhitung > rtabel Serta hasil uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach Alpha ≥ rtabel (0,60). Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 31,15. Adapun nilai rata-rata posttest sebesar 75,38. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat “pengaruh dalam penggunaan model Diskursus Multi Representacy (DMR) terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Adanya pengaruh model Diskursus Multi Representacy (DMR) mempengaruhi hasil belajar siswa dibuktikan dengan dengan persamaan regresi Ŷ = 58,590 + 0,539X. Adanya model project based learning ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,760 yang termasuk dalam kategori kuat dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 57,8%. Selain itu juga didukung dengan nilai Fhitung 32,907 lebih besar dari Ftabel (32,907>4,26). Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Diskursus Multy Representacy (DMR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Diskursus Multi Representacy (DMR), Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 03:52 | ||||||
Last Modified: | 27 May 2025 03:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |