Perbandingan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Kartu Soal dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Matematis

Listiana, Ana (2024) Perbandingan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Kartu Soal dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (911kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (935kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (956kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (969kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (978kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (982kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (985kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sebuah permasalahan terkait rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini diketahui berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pendidik di MTs Negeri 1 Demak. Dengan demikian dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran NHT dan CTL, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan kartu soal, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKPD, dan model pembelajaran konvensional pada materi kesebangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-D, VII-E, dan VII-F yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan menggunakan one way anova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji one way anova diperoleh nilai signifikan 0,002 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan kartu soal, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKPD, dan model pembelajaran konvensional pada materi kesebangunan. Dikarenakan hasil uji anova menolak H0 maka perlu dilanjutkan uji post hoc dengan metode LSD yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis di kelas model pembelajaran NHT berbantuan kartu soal memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan kemampuan penalaran matematis di kelas model pembelajaran CTL berbantuan LKPD memiliki perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran konvensional, sementara kemampuan penalaran matematis di kelas model pembelajaran CTL berbantuan LKPD tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran NHT berbantuan kartu soal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan kartu soal dan model pembelajaran CTL berbantuan LKPD dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQomariyah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran, Numbered Heads Together
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2025 07:16
Last Modified: 27 May 2025 07:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item