Supervisi Akademik dan Upaya Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru Bahasa Arab di Madrasah Swasta Kabupaten Kudus

Jaelani, Farid (2024) Supervisi Akademik dan Upaya Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru Bahasa Arab di Madrasah Swasta Kabupaten Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (727kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akademik, kemampuan pedagogik guru pada pelaksanaan pembelajaran bahasa arab, dan upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru pada pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di MA NU Tamrinut Thullab Kudus dan MA NU Assalam Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan komparasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penelaah data, pengecekan keabsahan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 ) Pelaksanaan supervisi akademik di MA NU Tamrinut Thullab Kudus dan MA NU Assalam Kudus berjalan sesuai dengan tahapan supervisi. Kedua madrasah tersebut dalam melaksanakan supervisi melalui beberapa tahapan yaitu pertemuan awal, pengamatan pembelajaran Observasi dan evaluasi ( tindak lanjut). 2) Kemampuan pedagogik guru pada pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di MA NU Tamrinut Thullab Kudus dan MA NU Assalam Kudus meliputi Proses pembelajaran terdiri dari pendahuluan, inti, dan penutup, dengan disertai pemahaman pedagogik yang bertujuan untuk mendorong dan membantu guru bahasa arab saat proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. 3) Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa arab di MA NU Tamrinut Thullab Kudus dan MA NU Assalam Kudus harus dilakukan oleh semua pihak, baik dari guru bahasa arab sendiri, pihak madrasah dan MGMP. Adapun upaya MA NU Tamrinut Thullab yaitu a) Pihak madrasah mengadakan rapat secara periodik yang dilakukan di awal tahun dan di awal bulan. Selain itu, juga mengadakan pelatihan yang bekerja sama dengan Pihak IAIN Kudus. b) Guru bahasa arab ikut serta kegiatan di MGMP bahasa arab serta melakukan tambahan wawasan di media sosial. c) MGMP Bahasa arab melakukan pembinaan tentang program kurikulum merdeka. Selain itu, juga berdiskusi tentang media pembelajaran serta latihan cara mengajar yang lebih baik, pembuatan media pembelajajaran bahasa arab dan pembuatan RPP. Sedangkan dari MA NU Assalam Kudus upaya yang dilakukan adalah a) Pihak madrasah mengadakan rapat atau pertemuan secara periodik juga. Adapun pelaksanaan rapat tersebut yaitu pada awal tahun dan di akhir bulan. Selain itu, juga mengadakan pelatihan kualitas guru, yang mana pada pelatihan tersebut diisi oleh pengawas madrasah. b) Guru bahasa arab mengikuti MGMP bahasa arab dan pelatihan online yang diadakan oleh kemenag. c) MGMP Bahasa arab melakukan program pembinaan dalam kurikulum merdeka, serta pembuatan modul ajar. Selain itu, khusus kelompok MGMP lokal bahasa arab sering berdiskusi problem tentang peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab dan materi ke-bahasa arab-an

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik guru bahasa arab
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:59
Last Modified: 11 Jun 2025 04:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14382

Actions (login required)

View Item View Item