Peningkatan Keterampilan Generik Sains melalui Model Pembelajaran InSTAD (Inquiry-Student Achievement Division) pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus

Rohmawati, Fitalia (2024) Peningkatan Keterampilan Generik Sains melalui Model Pembelajaran InSTAD (Inquiry-Student Achievement Division) pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (783kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (827kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu: 1) mengetahui bagaimana pembelajaran dengan model InSTAD diterapkan pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. 2) mengetahui bagaimana keterampilan generik sains peserta didik pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. 3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran InSTAD pada materi ekosistem terhadap keterampilan generik sains kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian quasi eksperimen ini yaitu pretest-posttest control group design. Cluster random sampling digunakan sebagai teknik untuk mengambil sampel sehingga didapat kelas XE-3 sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas XE-1 sebagai kelompok kontrol. Statistik deskriptif dan uji independent sempel t test masing-masing merupakan alat yang digunakan untuk analisis data dan pengujian dari hipotesis. Temuan dalam penelitian diantaranya, 1) pada pertemuan pertama, keterlaksanaan sintaks model pembelajaran InSTAD sebesar 88% sedangkan pada pertemuan kedua dan ketiga sebesar 100% sintaks terlaksana. Keduanya tergolong pada kategori sangat baik. 2) keterampilan generik sains peserta didik pada kelompok kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 65 berada pada kategori sedang. Sementara itu, peserta didik pada kelompok eksperimen memperoleh nilai sejumlah 75 berada pada kategori tinggi. 3) Uji hipotesis menggunakan independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,003  0,05 yang artiya H1 diterima yaitu kelas XE-3 (eksperimen) dan XE-1 (kontrol) memiliki perbedaan yang signifikan pada hasil nilai posttesnya. Sementara itu, keterampilan generik sains mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh hasil uji n-gain 0,58 pada kelas XE-3 (kelompok eksperimen) sedangkan kelompok kontrol dengan nilai n-gain 0,37. Dengan demikian, keterampilan generik sains peserta didik pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran InSTAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran InSTAD, Keterampilan Generik Sains, Ekosistem
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:18
Last Modified: 24 Jun 2025 08:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14485

Actions (login required)

View Item View Item