Rohmawati, Fitalia (2024) Peningkatan Keterampilan Generik Sains melalui Model Pembelajaran InSTAD (Inquiry-Student Achievement Division) pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (827kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (725kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu: 1) mengetahui bagaimana pembelajaran dengan model InSTAD diterapkan pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. 2) mengetahui bagaimana keterampilan generik sains peserta didik pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. 3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran InSTAD pada materi ekosistem terhadap keterampilan generik sains kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian quasi eksperimen ini yaitu pretest-posttest control group design. Cluster random sampling digunakan sebagai teknik untuk mengambil sampel sehingga didapat kelas XE-3 sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas XE-1 sebagai kelompok kontrol. Statistik deskriptif dan uji independent sempel t test masing-masing merupakan alat yang digunakan untuk analisis data dan pengujian dari hipotesis. Temuan dalam penelitian diantaranya, 1) pada pertemuan pertama, keterlaksanaan sintaks model pembelajaran InSTAD sebesar 88% sedangkan pada pertemuan kedua dan ketiga sebesar 100% sintaks terlaksana. Keduanya tergolong pada kategori sangat baik. 2) keterampilan generik sains peserta didik pada kelompok kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 65 berada pada kategori sedang. Sementara itu, peserta didik pada kelompok eksperimen memperoleh nilai sejumlah 75 berada pada kategori tinggi. 3) Uji hipotesis menggunakan independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,003 0,05 yang artiya H1 diterima yaitu kelas XE-3 (eksperimen) dan XE-1 (kontrol) memiliki perbedaan yang signifikan pada hasil nilai posttesnya. Sementara itu, keterampilan generik sains mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh hasil uji n-gain 0,58 pada kelas XE-3 (kelompok eksperimen) sedangkan kelompok kontrol dengan nilai n-gain 0,37. Dengan demikian, keterampilan generik sains peserta didik pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gebog Kudus dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran InSTAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran InSTAD, Keterampilan Generik Sains, Ekosistem | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:18 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |