Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Plantae Kelas X MA/SMA

Asrifah, Siti (2024) Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Plantae Kelas X MA/SMA. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (733kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (798kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (928kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (734kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (830kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan penerapan pendekatan JAS pada materi Plantae di kelas X MA Ihyaul Ulum, (2) untuk menganalisis ketercapaian keterampilan proses sains (KPS) peserta didik pada materi Plantae kelas X MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati, (3) untuk menganalisis keefektifan pendekatan JAS terhadap KPS pada materi Plantae peserta didik kelas X MA Ihyaul Ulum, (4) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pendekatan jelajah alam sekitar pada materi Plantae. Jenis penelitian yang digunakan yang digunakan yakni penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuanitatif dan desain penelitiannya yaitu posttest only control group design. Populasi dalam penelitian in yaitu peserta didik kelas X MA Ihyaul Ulum yang berjumlah 105 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X A dengan jumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X B dengan jumlah 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik lembar observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Independent t-Test, sedangkan data hasil respon kepuasan siswa dianalisis menggunakan uji deskriptif persentase. Sebelum memberikan perlakuan kepada sampel terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui apakah ketiga kelas memiliki kemampuan yang sama atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terdapat beberapa langkah yaitu: (1) peneliti memberikan materi terlebih dahulu kepada peserta didik, (2) peneliti membentuk kelompok secara heterogen dan masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang, (3) penelitih memerintahkan peserta didik untuk menuliskan absen mereka di kertas kecil dan ditempelkan di baju masing-masing, itu bertujuan memudahkan observer dan peneliti dalam memberikan penilaian, (4) peneliti memnberikan LKPD dan menjelaskan apa saja yang dilakukan saat pembelajaran di luar kelas, (5) Peneliti bersama observer dan peserta didik menuju ke taman sekolah . Ketercapaian keterampilan proses sains (KPS) pada jelajah alam sekitar (JAS) menunjukkan kategori sangat baik, hal tersebut dibuktikan pada distribusi kelompok ketercapaian keterampilan proses sains pada kelas eksperimen menunjukkan peserta didik yang tergolong dalam rentang 81% - 100 % terdapat 32 peserta didik yang berarti sangat baik sedangkan pada 61% - 80% terdapat 4 peserta didik yang berarti baik. Keefektian pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap keterampilan proses sains (KPS), dinyataan efektif, terbukti pada nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00, artinya 0,00 < 0.05 atau dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 11,221, artinya 11,221> 1,999 (thitung > ttabel), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendektan Jelajah Alam Sekitar (JAS), Keterampilan Proses Sains, Planta
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Astronomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:20
Last Modified: 12 Aug 2025 01:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item