Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas 5 Di SD 2 Gribig Gebog Kudus

Hardianti, Sinta (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas 5 Di SD 2 Gribig Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn kelas 5 Di SD 2 Gribig Gebog Kudus, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus. Penelitinan ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah subyek 26 responden yang merupakan siswa kelas 5 di SD 2 Gribig. Adapun teknik pengumpulan data yang di peroleh pada penelitian ini yakni menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah awal pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus berjalan dengan baik, adapun langkah pembelajaran terdapat tiga tahapan yakni pendahuluan, inti, serta penutup. 2) Keberhasilan siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap interaksi sosial pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus, dapat terlihat dari kondisi siswa yang bisa berinteraksi dengan baik kepada rekan kelompoknya. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap interaksi sosial pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus, faktor pendukung dari segi internal diantaranya adalah antusias siswa, tingkat intelegensi, serta sikap kerjasama antar siswa dalam berdiskusi. Sedangkan dalam segi eksternal yakni sosok teladan dari guru, kemampuan guru, serta dukungan orang tua dan keluarga. Adapun faktor penghambat yakni keterbatasan waktu pelaksanaan, proses perencanaan yang mendalam, serta kesulitan dalam manajemen kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Team Game Tournament, Interaksi Sosial, PPKn
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:22
Last Modified: 01 Sep 2025 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14771

Actions (login required)

View Item View Item