Hardianti, Sinta (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas 5 Di SD 2 Gribig Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn kelas 5 Di SD 2 Gribig Gebog Kudus, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus. Penelitinan ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah subyek 26 responden yang merupakan siswa kelas 5 di SD 2 Gribig. Adapun teknik pengumpulan data yang di peroleh pada penelitian ini yakni menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah awal pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus berjalan dengan baik, adapun langkah pembelajaran terdapat tiga tahapan yakni pendahuluan, inti, serta penutup. 2) Keberhasilan siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap interaksi sosial pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus, dapat terlihat dari kondisi siswa yang bisa berinteraksi dengan baik kepada rekan kelompoknya. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap interaksi sosial pada mata pelajaran PPKn kelas 5 di SD 2 Gribig Gebog Kudus, faktor pendukung dari segi internal diantaranya adalah antusias siswa, tingkat intelegensi, serta sikap kerjasama antar siswa dalam berdiskusi. Sedangkan dalam segi eksternal yakni sosok teladan dari guru, kemampuan guru, serta dukungan orang tua dan keluarga. Adapun faktor penghambat yakni keterbatasan waktu pelaksanaan, proses perencanaan yang mendalam, serta kesulitan dalam manajemen kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Team Game Tournament, Interaksi Sosial, PPKn | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:22 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |