Netnography Analysis: Utilitas Konten Youtube Channel Muhammad Syafii Antonio Dalam Transformasi Bisnis Syariah Melalui Pengembangan Inovasi

Rhomandon, Mohammad Zulfi (2024) Netnography Analysis: Utilitas Konten Youtube Channel Muhammad Syafii Antonio Dalam Transformasi Bisnis Syariah Melalui Pengembangan Inovasi. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (615kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis utilitas konten youtube channel Muhammad Syafii Antonio, menganalisis implikasi konten youtube channel Muhammad Syafii Antonio, dan mengetahui dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung konten youtube channel Muhammad Syafii Antonio menggunakan analisis netnografi dalam pengembangan inovasi bisnis syariah pada viewer konten tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami (field study) dengan pendekatan metode etnografi virtual atau disebut netnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan software Nvivo 12 plus dengan mengolah data video, respon komentar dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan utilitas konten Youtube Channel Muhammad Syafii Antonio berfokus pada penyebaran literasi syariah, inspirasi dan motivasi yang disampaikan, inovasi dan kreatifitas pada bisnis, dan fasilitasi pada relasi dan kolaborasi komunitas. Implikasi pada konten menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran viewer, adanya penyebaran informasi terkini, meningkatkan kapasitas individu dan organisasi, mendorong kewirausahaan, membangun jaringan dan komunitas, menghubungkan dengan pemangku kepentingan, mempengaruhi pembentukan kebijakan dan kontribusi pada perekonomian syariah. Terdapat faktor penghambat berupa keterbatasan akses internet, keterbatasan waktu dan keterlibatan, kompleksitas materi, kualitas produksi, persaingan konten dan algoritma youtube. Lalu factor pendukung antara lain reputasi dan kredibilitas, konten yang relevan dan aktual, format edukatif dan informatif, interaksi dengan audiens, penggunaan visual dan media pendukung, dan konsistensi dan keberlanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, SolikhulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Netnography Analysis, Youtube Channel, Muhammad Syafii Antonio, Bisnis Syariah, Inovasi
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:40
Last Modified: 03 Dec 2025 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item View Item