Sholahudin, Muhammad (2017) STUDI ANALISIS PENERAPAN VARIASI DESAIN KELAS BERBASIS SISWA AKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KALAM DI MA NU HASYIM ASYARI 3 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (5MB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan variasi Desain kelas berbasis siswa aktif pada mata pelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam di MA NU Hasyim Asyari 3. 2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan variasi Desain kelas berbasis siswa aktif pada mata pelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam di MA NU Hasyim Asyari 3. 3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan variasi Desain kelas berbasis siswa aktif pada mata pelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam di MA NU Hasyim Asyari 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti datang langsung ke lokasi untuk mendapatkan data secara benar. Adapun lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MA NU Hasyim Asyari 3 Honggosoco Jekulo Kudus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan langkah peneliti untuk menguji validitas Data adalah memperpanjang pengawasan, meningkatkan ketekunan, metode triangulasi dan member check.Sedangkan Metode analisis data yang dilakukan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menerangkan bahwa: Guru bahasa Arab di MA NU Hasyim Asyari 3 menerapkan variasi desain dengan bentuk antara lain: berjajar, tapal kuda, bentuk huruf “U”, bentuk meja konferensi, group on group. Faktor pendorong dan penghambatnya yaitu: Faktor-faktor yang mendorng penerapan variasi desain kelas yaitu: 1) Kurikulum. 2) Guru. 3) Bangunan dan sarana. 4) Murid. 5) Dinamika Kelas. Faktor-faktor penghambat yaitu: 1) Murid tidak mampu beradaptasi dengan suasana yg berubah. 2) Sulitnya mengenali karakteristik murid. 3). Dintara murid ada yang nakal. Efektifitas penerapan variasi desain sangat efektif karena strategi ini mampu membantu siswa untuk meningkatkan Maharah Kalam. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mereka dengan hasil 79,74 dan 90,27 ) yang di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Desain Kelas; Kemampuan Berbicara Siswa |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 08:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 08:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1718 |
Actions (login required)
View Item |