mahanani, Rois (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING BERBASIS TEKS DENGAN TEKNIK (MODELING OF TEXT) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VIII DI MTS MATHOLIBUL ULUM LEBAK PAKIS AJI JEPARA 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1.COVER.compressed.pdf Download (365kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.compressed.pdf Download (198kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.compressed.pdf Download (168kB) |
|
Text
4. BAB I.compressed.pdf Download (155kB) |
|
Text
5. BAB II.compressed.pdf Download (892kB) |
|
Text
6. BAB III.compressed.pdf Download (148kB) |
|
Text
7. BAB IV.compressed.pdf Download (281kB) |
|
Text
8. BAB V.compressed.pdf Download (125kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.compressed.pdf Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran bahasa asing berbasis teks dengan teknik (modeling of text) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan membaca (2) Untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran bahasa asing berbasis teks dengan teknik (modeling of text) dalam pembelajara bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan membaca (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung metode pembelajaran bahasa asing berbasis teks dengan teknik (modeling of text) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penilitian ini di lapangan dan bersifat holistic (menyeluruh). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, mendisplay data, serta mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran bahasa asing berbasis teks dengan teknik (modeling of text) dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan membaca, demgan cara siswa bekerja sama dalam kelompok kemudian salah satu kelompok mempresentasikan hasilnya dan guru memperhatikan intonasi, mimik muka gerak tubuh serta memberi penjelasan jika kurang sesuai. Adapun efektifitas penerapan metode pembelajaran bahasa asing berbasis teks dengan teknik (modeling of text) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa tercapai. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai siswa dengan rata-rata 80,9, nilai ini mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Adapun Faktor pendukung penggunaan metode pembelajaran bahasa asing berbasis teks dengan teknik (modeling of text) yaitu kreativitas dan kesiapan guru, tingginya semangat dan minat siswa dalam menyelesaikan tugas, jiwa kerja sama di antara siswa, dan penggunaan media yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Latar belakang minat siswa yang berbeda-beda, tidak adanya laboratorium bahasa, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda, sebagian siswa yang tidak mau bekerja sama dengan baik dalam tugas kelompok, membutuhkan waktu yang lama, suasana kelas menjadi ramai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Bahasa Asing Berbasis Teks; Teknik Modeling Of Text; Maharah qiro’ah |
Subjects: | Bahasa Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 08:06 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 08:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |