LUTHFIYAH, UMMI (2018) STUDI EKSPERIMEN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI NU TARBIYATUS SHIBYAN JETAK KEDUNGDOWO KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
5. BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf Download (413kB) |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (396kB) |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (302kB) |
|
Text
8. BAB V PENUTUP.pdf Download (162kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa tinggi hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning; (2) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning; (3) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas V dalam tingkat kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning; (4) mengetahui adakah interaksi antara hasil belajar peserta didik kelas V dalam tingkat kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam jenis penelitian eksperimen. Peneliti melakukan studi eksperimen di MI NU Tarbiyatus Shibyan Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling jenis cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif adalah menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V pada tingkat kognitif dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw memperoleh hasil rata-rata 77,5 di mana tergolong kategori cukup dan model pembelajaran teacher centered learning memperoleh hasil 56,81 di mana dalam katogori kurang. 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik kelas V dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning (sebagaimana output SPSS 20 dari hasil Fhitung > Ftabel (17,816 > 3,91) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). 3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas dalam tingkatan kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning (sebagaimana output SPSS 20 dari hasil Fhitung > Ftabel (86,466 > 3,91) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 4) Terdapat interaksi antara hasil belajar peserta didik kelas V dalam tingkat kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning (sebagaimana output SPSS 20 hasil dari Fhitung > Ftabel (4,989 > 3,91) dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Jigsaw; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 07:45 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 07:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2342 |
Actions (login required)
View Item |