Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) dan Kecerdasan Matematis Logis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Ajaran 2017/2018

Hanifah, Hindun (2018) Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) dan Kecerdasan Matematis Logis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (599kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (427kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (910kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (787kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model MMP terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model MMP dan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Tarbiyatul Banin dengan jumlah 47 siswa dengan teknik pengambilan sample sistem random sampling. Sampel diambil masing-masing 20 siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji SPSS Statistik nonparametrik. Setelah penerapan model MMP diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran berdasarkan uji Kruskal Wallis H dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh P_value= 0,042 <0,05 sehingga H_0 Ditolak. Akibatnya, Siswa yang dikenai model MMP memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model langsung. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada tingkatan kecerdasan matematis logis berdasarkan uji Kruskal Wallis H dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh P_value= 0,048 <0,05 sehingga H_0 Ditolak. Akibatnya, siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi dan sedang memiliki hasil belajar yang lebih baik dari pada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah. Terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan model MMP dan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar berdasarkan uji Kruskal Wallis H dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh 〖 P〗_value= 0,00<0,05 sehingga H_0 Ditolak, sehingga terdapat interaksi antara model pembelajaran (MMP) dan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa sehingga pada setiap kategori kecerdasan matematis logis, hasil belajar siswa yang dikenai model MMP lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dikenai model langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Missouri Mathematics Project (MMP); Kecerdasan Matematis Logis dan Hasil Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:12
Last Modified: 22 Apr 2019 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item