PENGARUH PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING DAN BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO- EMOSIONAL PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA BRAKAS KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016

Janah, Salis Mutoharotul (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING DAN BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO- EMOSIONAL PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA BRAKAS KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
001. COVER.pdf

Download (460kB)
[img] Text
002. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
004. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
005. BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
006. BAB II.pdf

Download (455kB)
[img] Text
007. BAB III.pdf

Download (561kB)
[img] Text
008. BAB IV.pdf

Download (850kB)
[img] Text
009. BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
010. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Pengaruh Penerapan Metode Collaborative Learning dan Bermain Peran terhadap Perkembangan Sosio-Emosional Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Brakas Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). STAIN. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode collaborative learning dan bermain peran terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik, (2) perkembangan sosio-emosional peserta didik, (3) pengaruh metode collaborative learning terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik, (4) pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik, (5) pengaruh penerapan metode collaborative learning dan bermain peran secara simultan terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu suatu penelitian dimana peneliti langsung terjun ke kancah untuk mencari bahan-bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Brakas Dempet Demak yang difokuskan pada kelas VIIA, VIIIA dan IXA. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang pengaruh penerapan metode collaborative learning, bermain peran dan perkembangan sosio-emosional peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 84 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis data peneliti menggunakan analisis statistik yaitu regresi sederhana, regresi ganda, korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan 1) Metode collaborative learning dan bermain peran dalam kategori baik dan cukup yaitu sebesar 66 dan 40. Perkembangan sosio-emosional peserta didik dalam kategori baik yaitu sebesar 73. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode collaborative learning terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik dengan persamaan regresi Ŷ= 12,805 + 0,915 X1, dan metode collaborative learning mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan perkembangan sosio-emosional peserta didik, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik dengan persamaan regresi Ŷ= 36,121+ 0,938 X2. 4) Penerapan metode collaborative learning dan bermain peran terhadap perkembangan sosio-emosional peserta didik dengan persamaan regresi Ŷ = 9,710 + 0,680 X1 + 0,471 X2 secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan perkembangan sosio-emosional peserta didik. Kata kunci : Metode Collaboraive Learning, Bermain Peran, Perkembangan Sosio-Emosional Mata Pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Collaboraive Learning; Bermain Peran; Perkembangan Sosio-Emosional Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:22
Last Modified: 14 Dec 2016 04:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item