Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Mts Nahdlatul Muslimin Tahun Pelajaran 2017/2018

Huda, Nashrul (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Mts Nahdlatul Muslimin Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Dengetahui pelaksanaan penddikan karakter berbasis potensi diri MTs Nahdlatul Muslimin , (2) Selain itu untuk Menganalisis Kendala yang dalam implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri dan (3) Mendeskripsikan solusi solusi dalam menghadapi penelitian lapangan pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Sumberdata primer adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah bagian Kurikulum dan Guru sebagai pendidik dan, Siswa- siswi sedangkan sumber skundernya yakni refrensi terkait Implementasi Pendidikan Karakter Barbasis Potensi Diri. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi metode dan sumber serta refrensi. Tahapan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan pendidikan karakter dilakukan dalam dua tahapan Pertama, dalam kegiatan pembelajaran guru mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran seperti pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kedua, kegiatan Interaksi guru kepada siswa interaksi-edukatif antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran (2) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan pengembangan diri, Interaksi Guru dan siswa, (3) dalam evaluasi, guru menggunakan catatan pembinaan siswa dan buku tata tertib; (4) Kendala pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah oleh setiap siswa di karenakan lingkungan di rumah dan di sekolah yang berbeda-beda dan kurangnya jam ii kegiatan belajar mengajar sehingga guru terkadang mendapatkan kesulitan di dalam memasukkan pendidikan karakter di dalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter Barbasis Potensi Diri, Kemampuan Berfikir Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:07
Last Modified: 23 Dec 2020 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item View Item