Fa'aaliyatu al ansyithotul idhofiyah naadi allghotul 'arobiyah litarqiyati mahaartorul kalaam littholibaati fil fashli assaabi' bimadrosati Qudsiyyah almutawassithotul islaamiyah Kudus sanatud dirosiyyah 2019/2020 miladi

Barokah, Lailatul (2020) Fa'aaliyatu al ansyithotul idhofiyah naadi allghotul 'arobiyah litarqiyati mahaartorul kalaam littholibaati fil fashli assaabi' bimadrosati Qudsiyyah almutawassithotul islaamiyah Kudus sanatud dirosiyyah 2019/2020 miladi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover- kata pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (747kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 Bab 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 Bab 4.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8 Bab 5.pdf

Download (781kB)
[img] Text
9 Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada program kegiatan yang diadakan di MTs Qudsiyyah Kudus untuk putri yaitu kegiatan ekstrakurikuler Arabic club dimana kegiatan ekstrakurikuler ini tidak harus diikuti oleh semua peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan kegiatan ekstrakurikuler Arabic club dalam peningkatan maharah kalam, 2) Untuk faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam penerapan kegiatan ekstrakurikuler Arabic club, 3) Untuk mengetahui efektivitas kegiatan ekstrakurikuler Arabic club dalam peningkatan maharah kalam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kegiatan ekstrakurikuler Arabic club dilakukan setiap hari senin pada pukul 14.00-15.30. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi setelah itu latihan bercakap-cakap. Guru sering mengajak siswa untuk bernyanyi menggunakan bahasa Arab dan sesekali guru menayangkan film berbahasa Arab sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar. 2) faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler Arabic club ini adalah kompetensi guru yang dapat dipertanggung jawabkan, sarana dan prasarana yang didukung dengan baik, monitoring dari kepala sekolah, minat siswa yang tinggi. Adapun faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler Arabic club meliputi: tingkat pemahaman siswa yang berbeda, ruang yang terbuka. Adapun solusi dari faktor hambatan tersebut, peneliti menyesuaikan jenis hambatanya sehingga tercapai solusi yang tepat. 3) kegiatan ekstrakurikuler Arabic club ini dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan keterampilan berbicara siswa dengan memenuhi kadar persyaratan indikator keefektivan d

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arabic Club, Maharah Kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:05
Last Modified: 23 Mar 2021 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item View Item