Metode Struktur Analitik Sintetik untuk Mengembangkan Potensi Baca di Kelas Permulaan

Khofsoh, Siti (2020) Metode Struktur Analitik Sintetik untuk Mengembangkan Potensi Baca di Kelas Permulaan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (484kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (466kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan rancangan metode Struktur Analitik Sintetik dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian yaitu penerapan membaca dengan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik yang meliputi proses perencanaan, proses pelaksanaan, yang dilakukan selama proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengkajian pustaka penelitian (library research). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1, 2 yang yang dibahas sebagai pelaku tentang bagaimana menerapkan dalam pelaksanaan metode membaca pada kelas pemula hingga rancangan apa saja yang diperlukan dalam mengimplementasikan metode Struktur Analitik Sintetik. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa membaca sumber-sumber yang berkaitan dengan landasan, fungsi dan tujuan yang menjadi sebab adanya metode struktur Analitik Sintetik dan mencatat serta mempelajari pelaksanaan dan perencanaannya. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode truktur Analitik Sintetik banyak variasinya dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak di madrasah ibtidaiyyah baik dengan mengombinasikan dengan pendekatan menulis, metode global, dan kartu bergambar. Adapun rancangan pembelajaran meliputi masa orientasi, pendidik membimbing proses aktualisasi siswa dan proses sintesis peserta didik. Langkah-langkah tersebut sesuai dengan teori belajar kognitif, teori belajar Gestalt, dan teori belajar konstruktivistik. Sehingga pendidik mampu dalam memberi penerapan di bidang membaca maupun menulis bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktur Analitik Sintetik, Potensi Baca, Kelas Permulaan, Proses Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:48
Last Modified: 08 Apr 2021 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item