Pengaruh Persepsi Siswa dalam Pembelajaran PAI Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019

Winoto, Saechul Hadi (2020) Pengaruh Persepsi Siswa dalam Pembelajaran PAI Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (567kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (945kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Keterampilan sosial dibutuhkan tak terkecuali pada siswa SMAN 2 Demak, berdasarkan wawancara dengan guru, solidaritas yang dibangun pada anak-anak SMAN 2 Demak berpotensi menjadikan siswa tersebut berbuat negatif seperti pertengkaran dan kebiasaan jelek seperti merokok, tawuran dan seagainya. Kasus perkelahian antar sesama siswa pada anak SMAN 2 Demak selama ini hanya disebabkan masalah sepele baik harga diri, solidaritas maupun urusan cinta yang menjadikan mereka mudah bertengkar. Terbentuknya keterampilan sosial pada siswa, tidak dengan sendirinya, namun harus dilakukan melalui bentuk interaksi pada siswa yang berlangsung setiap hari, dalam konteks pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka keterampilan sosial dapat terbentuk karena persepsi siswa tersebut terhadap pembelajaran PAI yang sedang dilakukan, persepsi siswa yagn baik terhadap materi yagn diajarkan kepadanya akan mempengaruhi keterampilan sosialnya. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui persepsi siswa dalam pembelajaran PAI kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui keterampilan sosial siswa kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi siswa dalam pembelajaran PAI terhadap keterampilan sosial siswa kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kuantitatif yang bersifat korelasional, populasi berjumlah 410 siswa dalam penelitian ini, penulis akan mengambil sampel 15% dari jumlah populasi sehingga sampelnya berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner (angket), metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh antara persepsi siswa dalam pembelajaran PAI terhadap keterampilan sosial siswa kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, diketahui dari harga Freg = 66. 917 > Ft0,05 = 4,00 dan Freg = 66. 917 > Ft0,01 = 7,08 hasil tersebut signifikan. 2) Sumbangan Pengaruh persepsi siswa dalam pembelajaran PAI terhadap keterampilan sosial siswa kelas XI di SMAN 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 sebesar 53%, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitir ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Pembelajaran PAI, Keterampilan Sosial Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:53
Last Modified: 26 Apr 2021 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item