Implementasi Dakwah Shalawat Menggunakan Media Sosial Youtube (Studi Kasus Channel Youtube AHBABUL MUSHTHOFA Kudus)

Irhamni, Muhammad (2020) Implementasi Dakwah Shalawat Menggunakan Media Sosial Youtube (Studi Kasus Channel Youtube AHBABUL MUSHTHOFA Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (561kB)
[img] Text
2. ABTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (668kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakang permasalah pada penggunaan media social, dimana media social kini memang sangat banyak penggunanya dan mengajak untuk pada kebaikan seperti dakwah shalawat pada chanel ahbabul musthafa kudus. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui strategi dakwah shalawat menggunakan media sosial. 2. Untuk mengetahui materi dakwah sholawat melalui media sosial channel youtube Ahbabul Mushofa. 3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dakwah shalawat menggunakan media sosial channel youtube Ahbabul Musthofa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif field research dengan menggunakan metode pengamatan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung pada obyek yang diteliti. Selain melakukan pengamatan, wawancara juga dilakukan guna memperoleh informasi terkait bagian-bagian dalam pembahasan ini. Uji keabsahan data penelitian yaitu menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan tiangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan Analisa deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1. Strategi dakwah menggunakan media social Youtube pada jam’iyyah Ahbabul Musthafa Kudus yaitu dengan menggunakan 2 media, media Online, yaitu meliputi Youtube, dengan video-video yang telah di unggah melalui channel Youtube ahbabul musthafa Kudus masyarakat dapat mengakses atau mengikuti melalui internet dan handphne. Kedua, yaitu media Offline, maksud dari Offline disini adalah mengadakan kegiatan secara langsung seperti selapanan di masjid agung, dan undangan diberbagai daerah. 2. Materi Dakwah Sholawat Melalui Media Sosial Channel Youtube Ahbabul Mushofa yaitu: Shalawat, Simtud Duror, dan Rotibul Haddad. 3. Kelebihan dan kekurangan Dakwah Sholawat Melalui Media Sosial Channel Youtube Ahbabul Mushofa. Adapun kelebihannya adalah dapat diakses semua kalangan melalui banyak aplikasi Online seperti Youtube, facebook, instagram, sportify dan lain-lain. Adapun kekuranganya yaitu masuknya berbagai situs-situs yang dinilai sesat yang mengatasnamakan agama, bid’ah, tidak ada dalam ajaran nabi Muhammad, dan lain-lain. Hal ini pastinya menimbulkan suatu kebingungan bagi masyarakat awam yang membuka situs tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Shalawat, Media Social Youtube, Ahbabul Musthafa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2021 01:48
Last Modified: 19 May 2021 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item