Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Dalam Penerapan Metode Every One Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati

Khamimah, Febri Nur (2020) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Dalam Penerapan Metode Every One Is A Teacher Here Terhadap Keaktifan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (939kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (656kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (758kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi sosial guru dalam penerapan metode every one is a teacher here di MTs Mamba’ul Hidayah, (2) keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah, (3) pengaruh kompetensi sosial guru dalam penerapan metode every one is a teacher here terhadap keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah, (4) adanya kompetensi sosial guru dalam penerapan metode every one is a teacher here dapat meningkatkan keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, jenis penelitian menggunakan survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dengan jumlah populasi 89 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang berjumlah 26 responden dari peserta didik kelas VII. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis asosiatif dengan bantuan program SPSS V.16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi sosial guru dalam penerapan metode every one is a teacher here di MTs Mamba’ul Hidayah dalam kategori baik yaitu 44,77 pada rentang interval 44-47, (2) keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan dalam kategori baik yaitu sebesar 49,12 pada rentang interval 49-53. Sedangkan dalam uji hipotesis dinyatakan bahwa (3) ada pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru dalam penerapan metode every one is a teacher here terhadap keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,202 > ttabel 1,71088 dengan signifikansi 0,000 dengan persamaan regresi Y=15,184+0,758X, (4) adanya kompetensi sosial guru dalam penerapan metode every one is a teacher here dapat meningkatkan keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak berkorelasi positif sebesar 0,651 yang termasuk dalam kategori kuat dan memberi kontribusi pada keaktifan peserta didik melalui pembelajaran aqidah akhlak sebesar 42,4% dan 57,6% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru dan Keaktifan Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2021 04:15
Last Modified: 24 May 2021 04:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item View Item