Al ‘alaqat bayna istiratijiaat ta’lim allughat wa tahshil ad dirasi fii ta’lim allughat al’arabiyat (laday at thulab al jawiyin wa bughisiyin at thullab ats tsamin fii madrasati Safinatul Huda 02 Karimunjawa)

Ibrizah, I’anatul (2020) Al ‘alaqat bayna istiratijiaat ta’lim allughat wa tahshil ad dirasi fii ta’lim allughat al’arabiyat (laday at thulab al jawiyin wa bughisiyin at thullab ats tsamin fii madrasati Safinatul Huda 02 Karimunjawa). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
4 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB 5.pdf

Download (706kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (714kB)

Abstract

Strategi belajar bahasa adalah tindakan siswa yang dilakukan secara sengaja untuk membantu proses belajar bahasa sehingga lebih mudah, lebih efektif, lebih menyenangkan dan lebih mengarahkan. Menggunakan strategi pembelajaran bahasa dapat membantu menyimpan dan menyerap informasi terkait dengan bahasa yang telah dipelajari. Oxford telah menunjukkan bahwa beberapa strategi pembelajaran secara langsung memengaruhi pembelajaran bahasa dan dikenal sebagai strategi langsung, sementara yang lain sangat kuat tetapi secara tidak langsung dalam proses pembelajaran dan dikenal sebagai strategi tidak langsung. Dua kategori ini dibagi menjadi enam kelompok. Strategi Kognitif, Strategi Memori dan Strategi Kompensasi termasuk dalam kategori strategi langsung, sedangkan Strategi Metakognitif dan Strategi Afektif dan Strategi Sosial termasuk dalam kategori strategi tidak langsung. Semua strategi ini saling terkait. Strategi pembelajaran terkait erat dengan prestasi akademik. Menggunakan strategi belajar yang baik akan menghasilkan prestasi akademik yang baik juga. MTs Safinatul Huda 02 karimunjawa adalah sekolah tingkat menengah pertama dan satu-satunya di Karimunjawa - Jepara di bawah naungan Kementerian Agama. Para guru dan siswa di sekolah itu memiliki bahasa daerah yang beragam. Diantaranya adalah bahasa Jawa, Bugis, Madura, Mandar dan sebagainya. Inilah yang membuat daya tarik peneliti untuk mencari penelitian di sana. Namun, peneliti hanya berfokus pada dua bahasa daerah dengan sampel penelitian ini, yaitu siswa Jawa dan siswa Bugis karena dua bahasa tersebut adalah bahasa mayoritas di sana. Bahasa Jawa adalah bahasa asli dari Karimunjawa. Adapun bahasa Bugis, itu adalah bahasa pendatang yang membawa orang-orang Bugis dari Sulawesi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui strategi belajar bahasa pada pelajaran bahasa Arab di MTs Safinatul Huda 02 Karimunjawa , 2) mengetahui hasil belajar pada pelajaran bahasa Arab di MTs Safinatul Huda 02 Karimunjawa, 3) mengetahui hubungan stratgi belajar bahasa dengan hasil belajar pada pelajaran bahasa Arab di MTs Safinatul Huda 02 karimunjawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MTs Safinatul Huda 02 karimunjawa yaitu kelas VIII A dan B. Selanjutnya untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode pengumpulan angket dan nilai Ulangan Akhir Semester. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 45 siswa. Yang terdiri dari 30 siswa Jawa dan 15 siswa Bugis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi belajar bahasa di MTs Safinatul Huda 02 Karimunjawa dalam kategori cukup, karena termasuk dalam interval (127-152) dengan nilai 133,4. 2) Sedangkan hasil belajar dalam pelajaran bahasa arab di MTs safinatul Huda 02 Karimunjawa dalam kategori yang cukup, karena termasuk dalam interval (61-69) dengan nilai 62,9. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel strategi belajar bahasa dengan variabel hasil belajar pada pelajaran bahasa Arab di MTs Safinatul Huda 02 Karimunjawa. Karena nilai signifikansi korelasi antara variabel strategi belajar bahasa dengan variabel hasil belajar adalah 0,00 < 0,05. Dengan kata lain, semakin meningkatnya strategi belajar bahasa maka akan semakin meningkat pula hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Arab. Dan uji hipotesisnya adalah Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi belajar bahasa, belajar bahasa, pembelajaran bahasa arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 08:43
Last Modified: 25 Jun 2021 08:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item