Pengaruh Pendekatan Self Regulation Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Siswi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Xi Di Ma Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

AFWAH, NAILA (2019) Pengaruh Pendekatan Self Regulation Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Siswi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Xi Di Ma Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (723kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (455kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (410kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Pendekatan dan Kedisiplinan belajar siswa merupakan 2 hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan menggunakan Penggunaan Pendekatan Self Regulation dapat meningkatkan Kedisiplinan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh pendekatan self regulation terhadap kedisiplinan belajar siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Sampel penelitian berjumlah 110 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis penelitian ini dapat dilihat dari hasil Deskripsi pendekatan self regulation siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak memiliki rata-rata sebesar 117,07 atau dipersentasikan sekitar 33,63% pada frekuensi 90-113, dan hal tersebut termasuk dalam kategori Cukup. Ini diperlihatkan dari sebagian responden yang sedang – sedang saja dalam disiplin belajar di kelas XI. Salah satu kendalanya yaitu guru kurang maximal dalam mengontrol siswa dikelas, kurang inovatif dalam menggunakan dengan cara memaksimalkan media pembelajaran ataupun kurangnya peemanfaatan teknologi serta siswa kurang maksimal dalam mengembangkan kecerdasanya . Deskripsi kedisiplinan belajar siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak memiliki rata-rata sebesar 81,56 atau dipersentasikan sekitar 44,55% pada frekuensi 67-85 dan hal tersebut termasuk dalam kategori Cukup. Hal ini membuktikan bahwa Kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak relatif dalam Kategori cukup. Sehingga perlu untuk ditingkatkan lagi dalam belajarnya. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendekatan self regulation terhadap kedisiplinan belajar siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak. Diperoleh nilai F hitung sebesar 25,83 dengan signifikansi F sebesar 0,000. Nilai Sig. F < 0,05 membuktikan adanya pengaruh yang signifikan. Angka koefisien R menunjukkan nilai positif yaitu sebesar 0,323 yang berarti Self Regulation kelas XI terhadap disiplin belajar siswa memberikan pengaruh yang positif. Nilai koefisien determinan sebesar 0,323 yang berarti bahwa variabel bebas secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 25,83% dan sisanya 100% - 25,83% = 74,17% yang merupakan variabel lain yang belum diteliti oleh penulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Self Regulation, Kedisiplinan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:32
Last Modified: 09 Sep 2021 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item