Faesol, Muhamad (2019) Dirasiyah tahliliyah ‘an astiratijiyah al dirasiyah al 'iibda’iyah al' iintajiyah litarqiyah maharah al kalam fii al madrasah ma’arif al tsanawiyah al' islamiyah al tsabi’ah bijam’iyah nahdhatul’ulama' biqudus lilsanah al dirasiyah 2018 /2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1.COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (515kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (546kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (638kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (800kB) |
Abstract
Kemampuan berbicara bahasa arab menjadi keterampilan yang sulit dibanding ketiga keterampilan yang lain. Untuk itu guru dituntut untuk kreatif dan inovatif siswa tidak lagi kesulitan dalam keterampilan berbicara tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat judul "penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif." Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara, dan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan strategi pembelajaran kreatif produktif, dan untuk mengetahui faktor – faktor pendukung dan penghambat di dalam penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif, dan sifatnya deskriptif. Adapun metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data di dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dan teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan. Dan untuk analisis uji kredibilitas data adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trigulasi. Dari penelitian ini menyimpulkan hasil sebagai berikut, 1. Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Kreatif Produktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara di MA NU Ma’arif Kudus terbagi menjadi tiga proses, a) perencanaan ( membuat RPP, menyiapkan media, membuat materi). b) pelaksanaan ( mengkondisikan kelas, menjelaskan tujuan belajar berbicara, memberikan materi pelajaran yang sesuai, melakukan eksplorasi, interpretasi, dan terakhir melakukan rekreasi). c) evaluasi,. 2. Kemampuan berbicara murid – murid di kelas sebelas menunjukkan peningkatan didalam praktek berbicara, hasilnya terlihat di ulangan. Yaitu, di atas kriteria ketuntasan minimal (7,5). 3. Adapun faktor pendukung proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan strategi Kreatif Produktif adalah : adanya semangat siswa – siswi dan kepala madrasah yang mendukung strategi ini digunakan didalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun Faktor Penghambat adalah : waktu pembelajaran pendek dan kurangnya pengajar yang mampu menguasai strategi ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kreatif Produktif, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:31 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5438 |
Actions (login required)
View Item |