Tatbiq 'istiratijiyah "None Threatening Role Playing" biastihdam la’ib "Gulungan Situasi" litarqiyah maharah al kalam bi almadrasah Nurul Ittihad al islamiyah al ‘aliyah Babalan Demak al sanah al dirasiyah 2017-2018 bahats ‘ilmii

Solahuddin, An’im (2019) Tatbiq 'istiratijiyah "None Threatening Role Playing" biastihdam la’ib "Gulungan Situasi" litarqiyah maharah al kalam bi almadrasah Nurul Ittihad al islamiyah al ‘aliyah Babalan Demak al sanah al dirasiyah 2017-2018 bahats ‘ilmii. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (985kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Strategi Non Threatening Role Playing dengan menggunakan permainan Gulungan Situasi, mengetahui bagaimana efekivitas penerapan strategi Non Threatening Role Playing dengan menggunakan permainan Gulungan Situasi, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penerapan strategi Non Threatening Role Playing dengan menggunakan permainan Gulungan Situasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research dan menggunakan pendekatan Kualitatif Research. Peneliti mengumpulkan data di dalam penelitian ini dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam analisis datanya, peneliti menggunakan Data reduction, Display Data, dan Verification Hasil dari skripsi ini adalah penerapan permainan Gulungan Situasi terdiri dari persiapan, kegiatan pembelajaran, penutup, dan evaluasi. Dalam tahap persiapan, Guru menyusun rencana pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran, menyiapkan media yang dibutuhkan sesuai materi pembelajaran, dan meyiapkan evaluasi sesuai kriteria keterampilan berbicara. Dalam tahap kegiatan belajar mengajar, Guru menerapkan strategi Non Threatening Role Playing yang dengannya siswa berbicara, berperan, dan berimprovisasi berdasar tema yang bermacam-macam. Dan dalam tahap penutup, Guru menutup kegiatan belajar mengajar dengan memberikan komentar atas percakapan serta penampilan siswa kemudian mengumpulkan siswa dalam percakapan kelompok berdasarkan tema yang bermacam-macam, Guru menggunakan tes atau penilaian satu kali setiap pembelajaran selesai untuk mengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Dan permainan Gulungan Situasi sangat efektif dalam meningkatkan keterampian berbicara siswa. Hal ini didasari oleh nilai siswa mencapai rata-rata 70. Dimana nilai tersebut sudah mencapai (KKM) yang diteteapkan oleh sekolah tersebut yaitu 65. Adapun faktor pendukung dari penerapan strategi Non Threatening Role Playing dengan menggunakan permainan Gulungan Situasi adalah guru yang berkompeten dalam mengajar Bahasa Arab, murid yang aktif, antusias serta bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, dan kelengkapan media. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu pelaksanaan yang singkat serta Perbedaan pendidikan dan kemampuan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Non Threatening Role Playing, Permainan Gulungan Situasi, Kemampuan Berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:37
Last Modified: 18 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5467

Actions (login required)

View Item View Item