Al-musykilatu fi ta'limul maharoh qiro'ah fil fashlil asyir bil madrasah Tsanawiyah al-islamiyah ibtidaul falah bikudus

Oktavia, Ilma (2021) Al-musykilatu fi ta'limul maharoh qiro'ah fil fashlil asyir bil madrasah Tsanawiyah al-islamiyah ibtidaul falah bikudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (21MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (916kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran maharah qiro’ah di kelas X, mengidentifikasi problematika yang dihadapi guru dan siswa serta mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dan siswa untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran maharah qiro’ah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran maharah qiro’ah di kelas X berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa problem yang dihadapi oleh guru dan siswa. Adapun problematika (a) terkait guru adalah alokasi waktu dalam pembelajaran maharah qiro’ah dan kurangnya guru membiasakan para siswa untuk berbahasa Arab (b) terkait siswa adalah Latar belakang pendidikan siswa yang berbeda, Guru sebagai sumber utama pengetahuan bahasa Arab, dan faktor lingkungan yang kurang medukung. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problem tersebut (a) terkait guru yaitu menambah jam diluar pelajaran sekolah, ada pendekatan khusus terhadap siswa, menerapkan hafalan 5-7 kosakata setiap pertemuan, menggunakan fasilitas internet dengan mengembangkannya sesuai pembelajaran, guru rajin mengikuti diklat atau pelatihan, dan ada apersepsi dan pretest dalam pembelajaran. (b) terkait siswa yaitu siswa mengikuti jam tambahan diluar jam pelajaran, siswa yang belum faham bertanya kepada guru atau teman yang lebih tahu, mengikuti hafalan 5-7 kosakata yang telah diterapkan guru, menggunakan fasilitas internet sesuai pembelajaran, siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dengan membiasakan latihan-latihan, menambah pengetahuan dari buku, internet, dan sebagainya, siswa membuka kamus bahasa Arab selama pembelajaran bahasa Arab dan pada setiap waktu untuk menambah hafalan kosakata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Problematika, Maharah qiro’ah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:07
Last Modified: 29 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item