Asadullah, Khamzah (2021) Dirosah Tahliliyyah 'an Tanfidz Ta'liimil Munadzoroh Al Lughowiyyah bil Barlaman Al Asiyawi Li Ta'wiidil Kalam fii NAAFILAH sanata 2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (673kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (409kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (539kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (663kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (405kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (571kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (377kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
Abstract
NAFILAH adalah salah satu UKM yang berada di tingkat Universitas di UIN Walisongo semarang. Sebagai UKM yang bergerak dibidang pengembangan bahasa arab, UKM ini memiliki tim debat bahasa arab yang telah mencapai beberapa prestasi dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pembelajaran debat bahasa arab yang diterapkan di NAFILAH beserta faktor-faktor pendukug dan penghambatnya. Peneliti menggunakan field research dan penelitian kualitatif serta penelitian yang bersifat deskiptrif. Sumber – sumber data yang digunakan berasal dari data – data primer berupa Ro’is ‘Am, Mudarrib kelas debat dan A’dho. Serta data – data sekunder berupa dokumentasi dan media pembelajaran. Adapun peneliti menggunakan metode teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa implementasi pembelajaran debat bahasa dengan sistem Asian Parlimentary Debate di NAFILAH memberikan hasil yang baik dalam membiasakan kalam bagi anggota kelas debat, bahkan berhasil memenangi beberapa kejuaraan. Pembelajaran yang dilakukan menggunakann pendekatan proses, strategi smallgroup, everyone is teacher dan self regulated learning, metode audio lingual dan diskusi dengan menggunakan media Video dan WhatsApp Voice Note. Faktor pendorong keberhailan pembelajaran ada pada kemampuan dan pengalaman mudarrib yang luas, memberikan uslub dan mufrodat yang variatif. Anggta kelass debat juga telah memiliki selfregulated learning untuk belajara mandiri. Selain itu, kampus sangat mendukung aktifitas kemahasiswaan yang berorientasi kepada pengembangan prestasi mahasiswa. Sedangkan faktor penghambatnya didominasi oleh perasaan takut pada diri anggota untuk mengikuti lomba, dan anggapan bahwa bahasa arab adalah bahasa yang sulit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Debat Bahasa, Asian Parlimentary, Pembiasaan Kalam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 03:02 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5574 |
Actions (login required)
View Item |