Tahlil Mazhab al-Kiyahi al-Haj Ajinj Zakariya al-Indunisiy Fi al-Nahwi Fi Kitabihi al-Muyassar Fi 'Ilmi al-Nahwi Wa al-Istifadatu Minhu Fii Ta'lim al-Nahwi

Fardan, Ahmad (2021) Tahlil Mazhab al-Kiyahi al-Haj Ajinj Zakariya al-Indunisiy Fi al-Nahwi Fi Kitabihi al-Muyassar Fi 'Ilmi al-Nahwi Wa al-Istifadatu Minhu Fii Ta'lim al-Nahwi. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (421kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (578kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (784kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (560kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mazhab K.H. Aceng Zakaria di dalam nahwu dan mengetahui faedah darinya di dalam pengajaran ilmu nahwu. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif di dalam skripsi ini. Kajian yang dilakukan penulis adalah kajian keadaan (real). Teknik yang dilakukan oleh penulis adalah meneliti isi dari suatu kitab. Penulis membahas empat pembahasan yang ada di dalam kitab al-Muyassar fī ‘Ilmi al-Naḥwi. Pertama, tentang pembagian kalimah. K.H. Aceng Zakaria membagi kalimah menjadi tiga macam di kitab al-Muyassar fī ‘Ilmi Naḥwi jilid yang pertama. Adapun pada jilid yang kedua beliau membaginya menjadi empat macam. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh al-Suyūṭiy di dalam kitabnya al-Asybāh Wa al-Nażā’ir Fī al-Naḥwi. Beliau merupakan ulama miṣriyyīn. Kedua, istilah yang digunakan oleh penulis al-Muyassar untuk tanda-tanda ism. Beliau menggunakan istilah baṣriyyīn dan kūfiyyīn secara bersamaan. Beliau menggunakan istilah alif dan lām serta al secara bersamaan. Beliau menggunakan istilah jar dan khafḍ secara bersamaan. Ketiga, al-asmā’u al-khamsah. K.H. Aceng Zakaria tidak menggunakan al-asmā’u al-sittah. Beliau hanya menggunakan al-asmā’u al-khamsah. Yang lebih fasih adalah kata hanu di-i’rab menggunakan harakat żahirah. Ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Hisyām dan Ibnu ‘Aqīl. Mereka berdua merupakan ulama miṣriyyīn. Keempat, fi’lu al-amri adalah mabniy. Penulis a-muyassar berpendapat bahwa fi’lu al-amri adalah mabniy. Hal ini sebagaimana perkataan Ibnu Hisyām. Beliau merupakan ulama miṣriyyīn. Kesimpulan dari penelitian adalah mazhab K.H. Aceng Zakaria mendekati mazhab Miṣriyyah. Oleh karena itu, sepatutnya para pengajar kitab al-Muyassar Fī ‘Ilmi al-Naḥwi menggunakan metode pembelajaran yang sesuai serta para pengajar menggunakan istilah-istilah yang sesuai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Arab, Pengajaran Nahwu, Mazhab Nahwu, Aceng Zakaria, al-Muyassar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:05
Last Modified: 19 Nov 2021 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item