Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Di Akun Instagram @IndonesiaTanpaPacaran

Ramadhani, Lulu Laylatur (2021) Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Di Akun Instagram @IndonesiaTanpaPacaran. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi banyak mempengaruhi pola pikir serta gaya hidup masyarakat. Peristiwa ini ditandai dengan penggunaan media sosial dikehidupan sehari-hari. Media sosial yang semakin canggih bukan hanya dijadikan sebatas pencarian data-data dan hiburan, tetapi saat ini media sosial juga digunakan sebagai media dakwah, menyebar kebaikan, serta memengaruhi masyarakat untuk melakukan kabaikan. Media sosial yang saat ini tengah digemari oleh kalangan remaja adalah media Instagram. Instagram merupakan media yang memberi kemudahan cara berbagi secara online yang berupa foto, video, dan juga layanan jejaring sosial lainnya. Dapat menjadikan motivasi bagi para da’i untuk menghadirkan dakwah melalui foto dan video yang berupa pesan-pesan dakwah yang kemudian diposting dan ditujukan kepada para pengguna Instagram. Dalam pembahasannya ditemukan beberapa rumusan masalah, yaitu : 1. Apa akun instagram @indonesiatanpapacaran? 2. Bagaimana pemanfaatan instagram sebagai media dakwah di akun @indonesiatanpapacaran? 3. Apa dampak adanya akun @indonesiatanpapacaran sebagai media dakwah online?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis kajian di media online. Subyek penelitiannya adalah media sosial instagram di akun @indonesiatanpapacaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu dengan pendiri dan para pengikut akun instagram @indonesiatanpapacaran, dan sumber data sekunder berasal dari internet dan situs web Indonesia Tanpa Pacaran. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis konten. Hasil dari penelitian ini adalah Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran (ITP) adalah sebuah gerakan yang didirikan melalui kesadaran mahasiswa atau pelajar yang peduli dengan rekan-rekan yang menjadi korban masalah percintaan. Akun @indonesiatanpapacaran bukan hanya berisi tentang dakwah islami, kata-kata motivasi, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan islam, dengan tujuan untuk menyadarkan generasi muda dari budaya rusak pacaran. Dengan pemanfaatan media instagram sebagai media dakwah dengan menggunakan semua menu-menu dan fitur-fitur yang ada di instagram sehingga dapat memudahkan dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada seluruh masyarakat. Fitur-fitur yang telah disediakan oleh instagram yaitu, kamera, editor, tag dan hastag, caption, dan integrasi ke jejaring sosial, sehingga akan sangat mudah untuk mencapai target atau sasaran dakwah yang diingkan. Akun instagram @indonesiatanpapacaran memberikan dampak yang positif karena selalu mengingatkan tentang kebaikan, dan didalamnya berisi ajakan-ajakan untuk selalu berada dalam kebaikan khususnya untuk kalangan remaja untuk selalu taat kepada Allah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Dakwah, Analisis Wacana Kritis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:34
Last Modified: 10 Jan 2022 03:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item