Nuha, M. Ulin (2021) Do English Textbooks for High School Contain Peace value? Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (983kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (494kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (491kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (384kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (586kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
Abstract
Melihat kondisi situasi dulu hingga sekarang Sangat memprihatinkan, masih banyak siswa yang melakukan tindakan kekerasan di ruang lingkup akademik, seperti perkelahian antar siswa, pelecehan, omelan guru, bahkan berani berkelahi dengan guru. Siswa terlibat dalam perilaku kekerasan, seperti berkelahi karena berbagai alasan, seperti memulai dengan menyebut nama atau berkonfrontasi dengan teman lain. Perilaku kekerasan bahkan sering terjadi di luar lingkungan akademik, seperti tawuran. Kurangnya doktrin atau ajaran yang jelas tentang nilai-nilai damai siswa menyebabkan terjadinya kekerasan yang tidak seharusnya terjadi di lingkungan akademik maupun di luar akademik. Buku teks, sebagai alat utama dalam proses pendidikan, tidak hanya harus menyebarluaskan pengetahuan, tetapi juga cita-cita global, khususnya nilai-nilai perdamaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rinci nilai perdamaian yang dijabarkan dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Bahasa Asing SMA Indonesia Tahun 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis. Karena CDA dimaksudkan untuk mengungkap dan mengeksplorasi bahasa yang digunakan untuk mewakili ideologi, identitas, dan hubungan sosial yang dibangun melalui wacana, itu adalah alat terbaik untuk diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengambil metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peneliti mengungkapkan bahwa representasi nilai-nilai perdamaian dalam buku teks SMA Indonesia 2013 yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat penting dan harus dimasukkan dalam buku teks sebagai sumber pengajaran nilai-nilai perdamaian. Nilai perdamaian tergambar dalam gambar buku teks, sesuai dengan temuan penelitian ini. Informasi pengetahuan yang jelas dapat menghasilkan proses nilai yang baik, yang dapat berdampak baik pada kesadaran dan pertumbuhan kompetensi guru dan siswa. ketidakseimbangan bagian-bagian nilai perdamaian yang termuat dalam buku teks mengakibatkan siswa hanya melakukan apa yang mendominasi salah satu bagian nilai perdamaian, yaitu perdamaian sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai perdamaian, Buku Teks Indonesian, pendidikan perdamaian, nilai pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:31 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6598 |
Actions (login required)
View Item |