Analisis Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Produk Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Di Konveksi Raff Bordir Kudus)

Azka, Muhammad Lailil (2022) Analisis Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Produk Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Di Konveksi Raff Bordir Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (779kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (928kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (549kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan antar usaha konveksi semakin ketat mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dalam upaya memenangkan persaingan tersebut salah satu cara yang digunakan konveksi Raff Bordir Kudus dengan fokus menggunakan strategi pengembangan sumber daya manusia dan produk dengan meningkatkan keterampilan karyawan dengan progam pilihan dan menciptakan produk yang inovatif/unik. Strategi tersebut harus diterapkan secara efektif agar dapat memperbaiki kesenjangan perusahaan dalam mengantisipasi ancaman pesaing dengan tujuan mengembangkan keberlangsungan usaha untuk memperkokoh posisi perusahaan dalam meningkatkan keunggalan kompetitif. Kekuatan perusahaan konveksi Raff Bordir Kudus dalam meningkatkan keunggulan kompetitif berlandaskan pada pengembangan jaringan, ide kreatif dan inovatif serta peluang strategis pasar dalam mengakses informasi dan pengetahuan baru dari internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan metode ini, peneliti melakukan penelitian langsung ke lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menggali data dan informasi yang valid, menyusun, menganalisis data sesuai rumusan masalah yang diangkat dengan berpedoman pada unsur dan pokok inti yang harus didapatkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Teknik analisis data dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan keunggulan kompetitif yaitu menggunakan metode-metode pelatihan dan pengembangan karyawan yang sesuai dengan parameter keefektifan perusahaan dengan memfokuskan aspek peningkatan kualitas produksi, pemasaran dan kualitas pelayanan melalui progam-progam peningkatan kompetensi dan keterampilan yang relevan sesuai dengan kondisi persaingan ketat yaitu (1) pelatihan penguasaan keterampilan karyawan sesuai dengan trend yang berkembang, (2) penguasaan strategi digital marketing dengan memaksimalkan media sosial sebagai media pemasaran dan (3) meningkatkan pendekatan hubungan harmonis dengan karyawan dan relasi. Sedangkan dari sisi pengembangan produknya dengan peningkatan strategi kualitas, strategi peningkatan keistimewaan dan strategi peningkatan gaya dengan konsisten memodifikasi maupun memperbaharui dimensi model dan desain dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas unik mengikuti perkembangan sesuai gaya fashion yang memiliki perbedaan signifikan dari kompetitior. Bentuk dari strategi pengembangan produk yang telah dilakukan adalah menyajikan diversifikasi produk baru ala anak muda ( dengan inovasinya yang unik penggunaan desain motif kreasi sendiri yang sifatnya limited edition (dibuat terbatas) hanya 5 kali saja digunakan, bahkan setiap bulan atau beberapa bulan terus update desain motif baru. Faktor pendukungnya yaitu pemimpin yang kreatif, inovatif dan visioner, konsisten mengembangkan inovasi pada produk tiada henti mengikuti perkembangan trend fashion, fasilitas sarana prasarana yang memadahi, memberikan pelayanan yang prima dan ramah kepada konsumen serta konsisten belajar mengembangkan kualitas perusahaan dengan progam kerjasama kepada designer kenamaan. Sedangkan untuk faktor penghambatnya meliputi pemahaman kemampuan peserta dalam menerima materi serta terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan dan persaingan yang ketat dengan banyaknya kompetitor dilokasi usahanya. Semua strategi-strategi tersebut dijalankan berlandaskan unsur islami menjadi ciri khas dominan yang diunggulkan konveksi Raff Bordir Kudus menjadikan gaya berbeda dalam menciptakan nilai tambah bukan hanya mementingkan kepentingan dunia namun juga akhirat yang menjadi cara efektif dalam mendapatkan keunggulan kompetitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Produk, Keunggulan Kompetitif, Konveksi Raff Bordir Kudus.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:17
Last Modified: 22 Mar 2022 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item