Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Kelas X Pada Materi Ekosistem Di MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara

Salamah, Umi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Kelas X Pada Materi Ekosistem Di MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (769kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (421kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict observe explain (POE) terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X pada materi ekosistem di MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design (Eksperimen Semu), dengan bentuk pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains pada materi ekosistem yang berbentuk essay berjumlah 12 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan instrument berupa angket respon siswa terhadap model POE yang diberikan pada kelas eksperimen. Hasil analisis data posttest pada kelompok eksperimen memperoleh rata-rata lebih tinggi yaitu 80,53. Hasil uji N-gain memperoleh hasil rata-rata sebesar 0,47 dengan kategori “sedang”. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran POE yang diketahui melalui pengolahan angket menunjukkan secara umum yaitu sebanyak 73 % siswa memberikan respon positif. Pada analisis uji hipotesis statistik yang dilakukan menggunakan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 11,724 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002, (0,002 ˂ 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap peningkatan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran POE, Keterampilan Proses Sains, Ekosistem
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:42
Last Modified: 23 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item