Analisis Efektivitas Digital Marketing ABS Mobile dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 pada KSPPS Artha Bahana Syariah Pati

Dewi, Syafira Rahma (2022) Analisis Efektivitas Digital Marketing ABS Mobile dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 pada KSPPS Artha Bahana Syariah Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (718kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Perubahan lingkungan di imbangi perkembangan dunia perekonomian yang semakin pesat, dengan persaingan UMKM dalam merebutkan pangsa pasar. Di saat bersamaan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menyerang negara Indonesia dan membuat KSPPS Artha Bahana Syariah menyiapkan strategi untuk menyejahterakan anggotanya termasuk anggota yang memiliki usaha, salah satunya dengan digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas digital marketing ABS Mobile dalam meningkatan kinerja pemasaran UMKM bagi anggota koperasi yang memiliki usaha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini sebanyak 1 Direktur Management Resiko dan Kepatuhan dari KSPPS Artha Bahana Syariah Pati, dan 4 Anggota KSPPS Artha Bahana Syariah Pati yang memiliki usaha. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa digital marketing berbasis ABS Mobile pada KSPPS Artha Bahana Syariah Pati di masa pandemi Covid-19 mampu memberikan kemudahan dan berdampak positif bagi para anggota, karena memiliki konsep berbagai macam seperti transaksi multipayment, payment gateway, serta adanya platform marketplace dimana anggota koperasi yang memiliki usaha dapat mempromosikan produknya secara gratis tanpa dipungut biaya. Dari pemanfaatan ABS Mobile tersebut salah satunya mampu menunjang para anggota UMKM KSPPS Artha Bahana Syariah Pati dalam memenuhi kebutuhan aktivitas bisnis dan kebutuhan usaha. ABS Mobile juga mampu meningkatkan kinerja pemasaran yang berdampak pada kenaikan penjualan sehingga menguntungkan bagi para anggota UMKM yang tergabung dalam koperasi dan sangat efektif membantu pelaku UMKM dalam mem-branding, mengenalkan, dan memasarkan produknya secara online, sehingga produknya dapat dikenal lebih luas dalam pangsa pasar serta tujuan yang tepat sasaran pada masa pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Digital Marketing ABS Mobile, Peningkatan Kinerja Pemasaran
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:42
Last Modified: 18 Oct 2022 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7577

Actions (login required)

View Item View Item