Maulana, Sofi (2022) Strategi Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (698kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (301kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (249kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (321kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengidentifikasikan bentuk-bentuk kecemasan yang dialami siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, (2) Untuk mendiskripsikan faktor penyebab terjadinya kecemasan siswa mengemukakan pendapat pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, (3) Untuk menganalisis strategi guru dalam mengurangi kecemasan siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu Guru IPS MTs Al-Hikmah, Staff Guru TU, dan enam siswa-siswi MTs Al-Hikmah. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) Bentuk kecemasan yang dialami siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, yaitu berkeringat, gemetar, dan berbicara terbata-bata. (2) Faktor penyebab terjadinya siswa mengemukakan pendapat pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-hikmah Wandan Kemiri Grobogan adalah faktor kepribadian, faktor intelektual, faktor lingkungan.(3) Strategi guru dalam mengurangi kecemasan siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, guru mrnciptakan suasana belajar santai dan menyenangkan, menggunakan psikoterapi jenis supportif, menggunakan psikoterapi jenis perilaku, mengembangkan sense of humor, menggunakan pendekatan humanistik, mengoptimalkan layanan bimbingan konseling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 01:50 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 01:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7806 |
Actions (login required)
View Item |