Maulana, Sofi (2022) Strategi Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (698kB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (170kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (249kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (321kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengidentifikasikan bentuk-bentuk kecemasan yang dialami siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, (2) Untuk mendiskripsikan faktor penyebab terjadinya kecemasan siswa mengemukakan pendapat pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, (3) Untuk menganalisis strategi guru dalam mengurangi kecemasan siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu Guru IPS MTs Al-Hikmah, Staff Guru TU, dan enam siswa-siswi MTs Al-Hikmah. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) Bentuk kecemasan yang dialami siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, yaitu berkeringat, gemetar, dan berbicara terbata-bata. (2) Faktor penyebab terjadinya siswa mengemukakan pendapat pada saat mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-hikmah Wandan Kemiri Grobogan adalah faktor kepribadian, faktor intelektual, faktor lingkungan.(3) Strategi guru dalam mengurangi kecemasan siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS di MTs Al-Hikmah Wandan Kemiri Grobogan, guru mrnciptakan suasana belajar santai dan menyenangkan, menggunakan psikoterapi jenis supportif, menggunakan psikoterapi jenis perilaku, mengembangkan sense of humor, menggunakan pendekatan humanistik, mengoptimalkan layanan bimbingan konseling
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
| Date Deposited: | 09 Dec 2022 01:50 |
| Last Modified: | 09 Dec 2022 01:50 |
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
