Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Menghafal Juz’amma Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas IV di MIN 1 Pati

Hasanah, Rohmatul (2022) Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Menghafal Juz’amma Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas IV di MIN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (439kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (721kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik di MIN 1 Pati (2) Mengetahui tingkat kemampuan menghafal juz’amma peserta didik di MIN 1 Pati (3) Mengetahui tingkat prestasi belajar peserta didik di MIN 1 pati (4) Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan menghafal juz’amma terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV di MIN 1 Pati Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sumber data diperoleh melalui angket dan nilai rapor para responden. Penulis melakukan studi lapangan di MIN 1 Pati yakni pada ruangan lingkup kelas IV. Pengumpulan data angket, nilai rapor dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 siswa. Sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari 40 siswa kelas IV A. Setelah proses pengumpulan data maka dilakukan analisis data yang diawali dengan uji validitas, uji realibilitas, analisi deskripstif, uji asumsi klasik meliputi uji linearitas,uji keberartian regresi ganda, uji keberartian koefisien regresi linear ganda dan uji multikolinearitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji signifikansi koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat kecerdasan emosional di MIN 1 Pati menunjukkan presentase 55% pada kategori rendah. (2) tingkat kemampuan menghafal juz’amma di MIN 1 pati menunjukkan presentase 60% pada kategori sedang. (3) tingkat prestasi belajar di MIN1 Pati menunjukkan presentase 50% pada kategori sedang (4) berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebsesar 15,885 > dari nilai Ftabel 2,86 dan diketahui bahwa nilai signifikansi sebsesar 0,000 < 0,05 maka hipotesis HI diterima Ho ditolak, maka menunjukkan variabel kecerdasan emosional dan kemampuan menghafal juz’amma berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV di MIN 1 Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Meghafal Juz’amma, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:21
Last Modified: 30 Dec 2022 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item